Sabtu, 15 Desember 2007

SUMBER,BUKTI, dan FAKTA SEJARAH


1. Sumber Sejarah
Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang dijadikan dasar/landasan dalam menulis kisah-kisah sejarah.
Sumber sejarah terdiri dari :
a. Sumber Benda
Sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan.
Contoh:
Berbagai bangunan bersejarah(candi, makam, istana, pemandian), patung, senjata (kapak persegi, kapak lonjong, pedang,dsb) , artefak (perhiasan kuno, manik-manik, keramik), museum, monumen, tugu peringatan,dsb.
b. Sumber Tertulis
Sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis yang mencatat peristiwa yang terjadi di masa lampau.
Contoh:
prasasti, dokumen (dokumen-dokumen kenegaraa, surat berharga), ensiklopedi, jurnal, kamus, naskah (teks proklamasi, naskah perjanjian-perjanjian), dan rekaman (CD, foto, kaset, film)
c. Sumber Lisan
Sumber yang diperoleh melalui keterangan langsung dari para pelaku atau saksi peristiwa sejarah.
Contoh:
Pelaku dan saksi tokoh pejuang kemerdekaan

2. Bukti Sejarah
Bukti sejarah adalah segala peninggalan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di masa lampau. Bukti tersebut masih tetap dipergunakan oleh manusia masa kini.
Seperti :
· Istana Kepresidenan peninggalan sejarah masa Kolonial Belanda.
· Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.yang dibacakan setiap tanggal 17 Agustus
· Pelabuhan Sunda Kelapa
· Museum Bahari, Museum Fatahilah, Museum Proklamasi,dsb.

3. Fakta Sejarah
Fakta sejarah adalah data sejarah yang telah dikritik (diverifikasi) dan diinterpretasikan (ditapsirkan) oleh sejarawan. Dimana hasilnya kemudian dijadikan dalil, argumentasi atau dasar pemikiran dalam menulis karya sejarahnya.
Fakta hanya merupakan sebagian dari kenyataan sejarah sehingga fakta sejarah tidak sama dengan kenyataan sejarah.
Ada dua macam fakta, yaitu:
Fakta Mental
Fakta mental merupakan fakta yang terkait dengan masalah batin, rohani, dan watak manusia sehingga dapat menentukan baik buruknya perjalanan kehidupan manusia, masyarakat atau bangsa.
Sehingga peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau dapat mempengaruhi mental kehidupan masyarakat di masa kini maupun di masa depan.
Contoh:
Terjadinya peperangan, memberikan fakta mental mengenai akibat perang yang menyisakan kehidupan yang sangat memprihatinkan. Orang akan ada yang merasa kemana-mana tidak aman.
Fakta Sosial
Fakta Sosial merupakan sebuah hasil dari penafsiran data yang menunjukkan aktivitas hubungan antarmanusia dalam kehidupan bermasyarakat.
Fakta sosial merupakan suatu bukti yang muncul dari lingkungan sosial masyarakat untuk mencapai tujuan dari masyarakat yang bersangkutan.
Suatu peristiwa sejarah yang dipengaruhi oleh masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan kehidupan masyarakat. Masalah sosial yang muncul dan berkembang di masyarakat kerap kali menimbulkan suatu peristiwa.
Contoh:
Peperangan yang terjadi dapat menghancurkan tatanan sosial dalam kehidupan suatu bangsa. Sebelum terjadi perang, kehidupan sosial masyarakat terjalin dengan baik, tetapi setelah peperangan semuanya hancur. Dan hubungan sosial yang pernah hancur akibat perang tersebut mulai dibenahi sehingga dapat memunculkan jalinan hubungan sosial yang lebih erat dari masa sebelumnya.


Cara menentukan usia peninggalan sejarah budaya manusia pada masa lampau, ada 3 cara:
1. Tipologi
Merupakan cara penentuan usia budaya berdasarkan bentuk (tipe) dari benda peninggalan itu.
Semakin sederhana bentuk peninggalan budaya manusia, maka usianya semakin tua.

2. Stratigrafi
Merupakan cara penentuan usia suatu benda peninggalan budaya manusia berdasarkan lapisan tanah. Semakin ke bawah lapisan tanah tempat penemuan benda peninggalan budaya manusia, maka semakin tua usianya, demikian pula sebaliknya.

3. Kimiawi
Merupakan cara menentukan usia dari benda peninggalan budaya manusia berdasarkan unsur-unsur kimia yang dikandung oleh benda tersebut.

3 komentar:

Leoni mengatakan...

wah makasih materinya. Ngebantu

Leoni mengatakan...

wah makasih materinya. Ngebantu

dhini_kakashi mengatakan...

makasih ^^
aku ada tugas tentang fakta sejarah nih..
tapi,, cara cara untuk menentukan usia benda sejarah itu masih perlu ama ngak ya.
aku bingung.
ini tugas untu anak SMA kelas 1 sih..